Selasa, 12 Agustus 2014

Mari Berkenalan dengan Duta Mahasiswa GenRe

Malam Final Pemilihan Abang Mpok Depok 2014

Sebenarnya ini tulisan lama yang belum sempat dipublikasikan. Tentang penghargaan yang saya terima dari ajang pemilihan Abang Mpok Depok 2014. 

Setelah di tulisan sebelumnya saya menceritakan bagaimana proses selama mengikuti AMD, kali ini saya akan membagi cerita tentang predikat baru yang melekat dalam diri saya hhe. Sebelumnya saya ingin mengucapkan banyak terimakasih untuk keluarga, saudara, teman-teman SD, SMP, SMK, Teman-teman jurusan  Rusia UI 2011, FIB UI, Teman-teman organisasi: BEM FIB UI, UI Mengajar, BWB, UIBC, JENESYS dll yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang telah mendukung saya dalam bentuk voting, moril, materi, dan doa. Love You All  

Sejak 22 Juni lalu saya resmi terpilih menjadi Abang Duta Mahasiswa Kota Depok Tahun 2015. Pasangan saya adalah Mpok Rumaysha Milhania sebagai Mpok Duta Mahasiwa Kota Depok 2015. Sebenarnya apa sih Duta Mahasiwa? Mari kita berkenalan lebih jauh.


Banyak orang berpikiran Duta Mahasiswa adalah Mahasiswa teladan atau jika di kampus disebut mahasiswa berprestasi cuma ini bedanya tingkat Depok aja. Eiits tapi itu salah besar!
Duta Mahasiswa merupakan Duta Generasi Berencana di bawah Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Kota Depok atau kalo di tingkat nasional namanya BKKBN. Itu loh badan pemerintahan yang mengurusi tentang program keluarga berencana atau KB, kalo di iklan suka ada iklannya yang tentang penundaan pernikahan usia remaja dan slogan KB “2 Anak Cukup!”.

Terus hubungannya sama mahasiswa apa? Jelas ada! Dewasa ini banyak banget masalah yang menyasar usia pemuda atau remaja. Kaya masalah free sex, hamil di luar nikah, penyalahgunaan narkoba, pernikahan dini, dll. Nah kami sebagai Duta Mahasiswa bertugas sebagai agen terdepan untuk berusaha mencegah dan menghentikan masalah-masalah pemuda ini. 

Caranya bagaimana? Dengan melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi langsung ke sekolah-sekolah, dengan harapan generasi-generasi baru ini nantinya akan memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang penyakit sosial usia remaja guna terwujudnya generasi keluarga yang terencana. Namun materi yang harus dikuasai oleh Duta Mahasiswa Kota Depok bukan hanya tentang masalah keremajaan, kita juga harus memahami  materi dimulai dari anak-anak sampai orang tua. Apalagi Depok punya program unggulan yaitu “Depok sebagai Kota Layak Anak”. Hak dan Kewajiban anak serta bagaimana cara mendidik anak yang baik menjadi sedikit dari materi yang harus dikuasai Duta Mahasiswa. 

Lalu kenapa predikatnya Duta Mahasiswa Kota Depok tahun 2015 bukan 2014? Ini karena sebenarnya Duta Mahasiwa Kota Depok akan secara otomatis mewakili Kota Depok dalam Ajang Duta Mahasiwa tingkat Provinsi Jawa Barat di tahun berikutnya, yaitu 2015. Duta Mahasiswa ini merupakan satu-satunya ajang yang akan terus berlanjut ke tingkat nasional jika berhasil juara di tingkat Provinsi.

Lalu apakah Ajang ini serupa dengan ajang pemilihan layaknya Abang Mpok Depok? Jelas berbeda, karena konten yang akan diperlombakan akan sesuai dengan materi seputar BKKBN tentunya. 

Segitu dulu ya pengenalan tentang Duta Mahasiwanya, jika ada agenda Duta Mahasiwa lainnya In shaa Allah akan saya update di blog ini. 
Salam GenRe!!  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar