Senin, 18 Agustus 2014

Bapak Ibu Guru Pulang Kampung


Jadi ceritanya bermula ketika Sadewa (Sayap Dewantara) Komunitas Alumni Gerakan UI Mengajar menggalang dana untuk beasiswa yang ditujukan untuk anak-anak murid GUIM. Penjelasan tentang Sadewa bisa kepoin twitternya di @SadewaIND :)

Penyerahan beasiswa itu diserahkan ke masing-masing titik. Jadilah saya dan temen-teman titik 5 merencanakan pulang kampung untuk kasih beasiswa itu. Tanggal 16 dan 17 dipilih karena awalnya paling banyak yang bisa. Sampe akhirnya berguguran satu persatu tinggal 4 orang tersisa yaitu saya, Fathia, Icha, dan Dhika.

Saya juga harus merelakan beberapa agenda mulai dari kondangan, tugas keprotokolan 17 Agustusan di walikota, sampai moment ulang tahun saya sendiri. Tapi saya lebih memilih untuk untuk pulang kampung, mungkin karena terlanjur cinta sama anak-anak disana.

Kita berangkat dari stasiun Jakarta Kota naik kereta sekitar jam 11, ngaret setengah jam gitu maklum lah katanya sih masih dalam pengecekan. Oke kita naik kereta kurang lebih 2 jam sampai stasiun Jatibarang. Stasiun Jati Barang ini entah kenapa salah satu stasiun yang cukup nyaman menurut saya, sepi dan bersih. 

Shalat dulu baru kemudian kita keluar stasiun nyari makan. Sasaran kita warung pinggir jalan, apalagi kalo bukan Nasi Lengko. Ini nasi khas Indramayu, kita cuma nemuin ini ya di kota ini. Selesai makan kita nyari bus ke arah kecamatan Losarang, lama menunggu kok gak ada juga bus yang datang yah. Saya coba tanya ke salah satu tukang becak disana, "Gak ada yang lewat sini mas bus atau angkutan ke arah Losarang, mas harus naik becak dulu sampai lampu merah Pantura, baru lanjut naik bus arah Jakarta yang lewatin Losarang disana", Kata salah seorang tukang becak yang saya tanya, ini udah ditranslate ya dia jawabnya pake bahasa Indramayu gitu. Awalnya kita gak percaya, ini biar becaknya laku aja kali. Dan kita nanya lagi ke orang sekitar ternyata emang jawabannya sama aja. Oke mau gak mau kita harus naik becak nih dengan ongkos 1 becak 10ribu.

Turun di lampu merah pantura kita langsung naik bus arah Jakarta untuk turun di Losarang. Dari Losarang kita belum tau mau naik apa ke lokasi, biasanya kita selalu dianter pake bus kuning UI sampe dalem, abis shalat di Masjid kita nanya tukang Ojek berapa ongkos kesana, "20ribu mas". Wah lumayan juga ya, sampe akhirnya si Dhika bilang "Deket Kok" Jalan kaki aja.

Well, kita jalan kaki layaknya mencari kitab suci dengan bawaan barang beasiswa. Apa aja udah diomongin sepanjang jalan, sampe halusinasi tingkat tinggi, foto-foto gak jelas. tapi kok rasanya gak nyampe-nyampe ya. Titik 6 pun, titik yang selalu kita lewati kalo mau ke titik kita titik 5 belum keliatan juga batang idungnya. Kita jalan dari sekitar jam 16.30 sampai jam 18.30 sambil berharap ada orang berbaik hati nawarin tumpangan. Akhirnya kita istirahat sambil maghriban dulu di Masjid deket titik 6. Gak kerasa kita udah jalan sekitar 4km loh, kita tau setelah nanya ibu-ibu di depan masjid, kebayangkan capeknya kaya gimana.

Allah emang Maha Baik ya, setelah shalat maghrib Dhika bales smsnya Putra (salah satu anak murid disana), padahal dia sms udah dari siang tadi. Dan Alhamdulillah kita langsung dikirimin pasukan bermotor sang penyelamat. Huft akhirnya sampe juga ke Rumah Pak Darno, rumah mantan kepala desa yang dulu dijadiin tempat tinggal panitia. Rumah yang udah disiapin dari kemarin untuk menyambut kita katanya, sweet banget gak sih.

Semua terasa indah kalo udah di rumah pak Darno, kita diperlakukan baik banget disini. Disuguhin makan lah, ngobrol-ngobrol sampe Istri Pak Darno curhat kenapa ia bisa jodoh sama pak Darno, cuma saya dan Icha yang masih bertahan. Si Dhika sama Fathia udah nyenyak di alam mimpi.


Hari Kedua 

Kaya biasa kita bangun pagi subuhan jamaah. Terus makan dulu lah baru mandi, kebetulan semalem ibunya Fathia bawain lontong sayur, Ibunya putra juga bawain ketan (gatau namanya) sambil ngeteh-ngeteh lucu gitu (kata iklan Sa** Wang* keluarga harmonis itu adalah keluarga yg mampu meluangkan waktu minimal 15 menit untuk ngeteh bareng keluarga). Baru kemudian kita mandi gantian satu-satu. Oya pelajaran dari ngeteh ini kata Fathia kalo ngeteh gak boleh ditiup soalnya menghasilkan CO2 (saya juga baru tau sebenernya, gak tau ini teori dari mana, mungkin dia bikin teori sendiri kali secara calon Dokter Gigi ya saya percaya aja).



Oiya pagi ini ceritanya ada orang nikahan di pinggir jalan, anak-anak bakalan dateng semua kesitu pagi-pagi. Oke kita jangan pagi-pagi banget keluarnya, takutnya nanti kita jadi lebih tenar di kampung itu dibanding sama pengantinnya lagi hehe.Sekitar Jam 8 kita keluar rumah, bagiin beasiswa ke rumah-rumah murid. Seperti biasa diiringin pengawal-pengawal cilik sepanjang jalan, dan bener aja kita selalu jadi pusat perhatian dong kalo lewat orang kawinan. Gak lupa kita dokumentasiin buat laporan ke Sadewa dan foto-foto lucu sepanjang jalan.

Abis bagiin beasiswa kita langsung ke rumah Icha, rumahku, dan rumah Fathia. Kita dikasih rumbanya bibi yang terkenal enak dong di rumahku (rumba itu makanan sejenis pecel), dan itu pedesnya keterlaluan lebih-lebih dari mie ramen level apapun deh, Dika sm Icha kayanya gak diabisin, gak kuat gitu hehe.

Terakhir ke rumahnya Fathia, disini kita disuguhin kepiting banyak banget. Gak ada yang bisa makan kepiting haha, sampe akhirnya kita dikasih kursus singkat "Bagaimana makan kepiting yang baik dan benar" sama si ibu. Pelajaran yang didapet di sini, Pikir 2 kali kalo mau makan kepiting,  selain harganya mahal, makannya nyusahin, juga gak ngenyangin.

Oke deh kita pulang lewat jalan baru ke rumah Pak Darno, lewat kuburan gitu. Masih dikawal anak2 pastinya sambil fpto-foto lucu sepanjang jalan.
Pulangnya udah ada pohon panjat pinang aja di lapangan, tapi saya lebih ngelihatnya sih kaya jemuran ya, soalnya banyak baju yang digantung sebagai hadiahnya.

Akhirnya kita sampe di rumah pak Darno, hari itu panas banget, lebih-lebih dari di Depok. Pas saya lagi kipasan dan main sama anak-anak tiba-tiba datang 3 orang yang aku gak tau kapan bikin idenya ini tiba-tiba bawa lilin sama kue yang saya sendiri gak ngerti kaya gimana bentuknya, gak tega juga nyeritainnya. tapi gak penting bentuknya. Makasih banget Fathia, Icha, Dhika yang ceritanya ngasih sureprise dan udah dinyanyiin ulang tahun bareng sama anak-anak, ini sweet moment :').

Kita siap-siap pulang abis itu, biasa anak-anak langsung berubah sedih gitu kalo kita mau pulang. Gak tega sih ya tapi kita emang harus pulang hehe. Kita juga dikasih oleh-oleh sama Ibu Darno, Mangga Indramayu gitu, mangganya manis banget kaya moment kita kemarin (abis di jus nih).

Pulangnya kita gak jalan lagi dong, 4 motor nganterin kita ke losarang, aku gak tau kenapa grandong gak dioperasikan buat nganter kita. Grandong itu sebutan untuk motor pick up yang biasa bawa air galon, ini transportasi andalan buat anter jemput kita kalo datang kesana biasanya.

Pulangnya kita naik bus, penuh banget, panas, banyak asap rokok. Kita turun di Senen, terus pisah sama Dika. saya, fathia, Icha naik taksi, saya dan Icha turun di Tebet. Fathia lanjut naksi sampai rumah.

Nah itulah kisah kita selama 2 hari kemarin  seru banget walaupun keliatannya menderita yah hehe. moment-moment yang gak akan terlupakan pastinya.

Pesan penulis :
Jangan suka nunda-nunda bales sms, kamu bisa aja kehilangan kesempatan cuma gara2 males/telat bales pesan loh.

Dan Pastikan kamu gak lupa bawa tongsis kemana-mana, apalagi kalo jalan jalan. Because every moment is history, but not every moment can be uploaded on social medi
a.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar