Senin, 29 Juli 2013

Aku Masih Anak Sekolah

Foto kelas IX-2 SMP N 233 Jakarta

Saya sekolah di SMK N 52 Cibubur, Teknik Bangunan. Awalnya gak ada niatan sama sekali buat masuk SMK. dari SMP saya udah berniat buat masuk SMA favorit di Jakarta Timur kaya 99,58,98,106. Tapi Allah berkehendak lain dan punya rencana yang lebih indah daripada rencana saya. Semasa SMP saya terbilang biasa-biasa aja, bahkan cenderung malas. padahal semasa SD saya sering dapet juara kelas, sampe akhirnya masuk general tes ke rayon Jakarta, dan Alhamdulillah diterima di SMPN 233 Jakarta dengan urutan kedua, bayangin urutan kedua dari ratusan siswa 233, ini cukup bikin keluarga saya bangga bukan main sama saya. Kembali lagi ke masa SMP, dimana euforia ketemu dengan temen-temen baru dan pergaulan yang baru juga membuat saya agak malas dalam belajar, walaupun dikelas gak bego-bego banget, bahkan di kelas 9 sempet masuk kelas favorit juga yang isinya biosa dibilang orang-orang pinter dari perwakilan kelas sebelumnya. Semangat saya untuk mulai belajar lagi muncul ketika kelas 9, terlambat sih memang, saya ketika itu baru sadar kalo mau dapet di SMA favorit mesti rajin-rajin belajar nih. Apalagi temen-temen udah banyak yang ikut bimbel ini lah les itu lah, sementara saya karena keadaan finansial yang gak memungkinkan terpaksa harus belajar sendiri di rumah.

Singkat cerita sampailah di UN SMP, pengumuman Ujian Nasional SMP krmudian keluar. saat itu saya kecewa banget dengan nilai pas-pasan yang saya dapet, kalo gak salah dengan rata-rata 7,5. Hal ini bikin saya mikir ulang untuk daftar di SMA Negeri, tapi kita gak pernah tau kalo belum nyoba kan? akhirnya saya beranikan diri buat daftar dengan pilihan 5 SMA Negeri di Jakarta Timur. Hari pertama ngecek nama saya masih ada, aman. Hari kedua juga masih ada walupun udah di ujung tanduk, karena terus-terusan ketiban sama yang nilainya bagus. Mulailah saya berpikir untuk daftar ke SMK, kenapa? ya karena lagi-lagi keadaan finansial yang bikin saya mikir, keluarga saya gak akan sanggup biayain kalo saya masih tetep mau di SMA swasta. Oke akhirnya besoknya setelah saya tau nama saya udah bener-bener gak masuk di SMAN manapun yang saya daftar, saya langsung daftar ke SMK 52. Dengan basic yang suka gambar saya pikir saya bakalan nyaman di Teknik Bangunan. Padahal saya gak suka dengan SMK yang pake sistem 40% teori 60% praktek. saya lebih suka dengan pelajaran-pelajaran SMA yang bikin mikir sebenernya. Karena dari awal saya udah punya niatan harus kuliah, minimal jadi sarjana lah gak tau gimana caranya, makanya saya ngotot banget mau masuk SMA saat itu, karena SMA emang lebih diutamakan buat dia yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi. Beda dengan SMK yang diarahkan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus, pikiran saya saat itu lulusan SMK langsung kerja? kerja apaan? paling kerja jadi buruh kasar yang itupun dikontrak. Saya gak mau menghabiskan waktu cuma buat jadi buruh kontrak, kalo ada kesempatan buat nyari ilmu setinggi-tingginya ngapain jadi buruh kontrak? apalagi saya laki-laki yang nantinya punya tanggung jawab besar buat keluarga saya, anak-anak saya, dan Ibu saya. Ya, walaupun saya masih terhitung muda, tapi pikiran saya sudah sangat jauh ke depan, mungkin karena faktor lingkungan keluarga dan kehilangan sosok sang ayah sedari kecil yang membuat saya terlalu cepat berpikir dewasa.

Satu tahun berlalu, dua tahun berlalu, sampai akhirnya tiba tahun terakhir saya di SMK. banyak pengalaman yang saya dapatkan di SMK. Solideritas pertemanan yang sangat tinggi di kalangan anak SMK, pengalaman praktek kerja lapangan selama 6 bulan yang mengajarkan saya betapa susahnya cari uang, sampai kepada tuntutan dari teman-teman untuk selalu jadi orang yang bisa dicontekin di kelas. Mayoritas laki-laki di SMK membuat kehidupan di SMK bisa dibilang membosankan, bayangkan saja 1 sekolah wanitanya tidak sampai 20 orang berbanding ratusan siswa laki-laki. Kemalasan saya di SMK mulai berkurang, saya bahkan selalu diandalkan teman satu kelas ketika ada tugas atau ulangan, hal ini menjadi tanggungjawab yang besar untuk saya agar terus belajar menjadi yang terbaik di kelas, bahkan di sekolah. Sampai akhirnya tiba Ujian Nasional, saya belajar sangat keras. Alhamdulillah hasilnya sesuai dengan apa yang saya harapkan, saya menjadi lulusan dengan nilai akademik terbaik di sekolah ketika diumumkan dalam acara wisuda. Saat itu saya mendapat piagam penghargaan dan sejumlah uang, untung saja Ibu saya ikut mengantarkan saya ke wisuda sehingga beliau pun bisa merasakan kebahagiaaan yang saya rasakan ketika itu.

Itulah pengalaman saya semasa sekolah, menjadi lulusan terbaik membuat saya semakin terpacu untuk tidak berhenti belajar, tekat saya saat itu semakin kuat untuk melanjutkan kuliah, walaupun beberapa tawaran pekerjaan banyak berdatangan di sekolah. Tapi saya tetap pada prinsip saya, saya harus kuliah bagaimanapun itu caranya. Perjuangan saya menuju bangku kuliah akan saya tulis dalam artikel berikutnya.

Terimakasih untuk seluruh guru saya semasa SD, SMP, dan SMK yang gtelah membimbing saya selama bangku sekolah, semoga ilmu yang kalian berikan akan menjadi amalan yang tak akan pernah putus di akhirat kelak. Aamiin :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar