Selasa, 21 Oktober 2014

Aku dan Duniaku dalam Duta Mahasiswa GenRe Kota Depok

Setelah lama gak update kegiatan, akhirnya sekarang bisa update kegiatan lagi disini hhe.. Kali ini tentang kegiatan saya sebagai Duta Mahasiswa Generasi Berencana (GenRe) Kota Depok. Setelah dalam tulisan sebelumnya saya sudah mengajak berkenalan dengan Duta Mahasiswa GenRe, kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang tugas saya di dunia Duta Mahasiswa Genre yang sudah saya lakukan. 
Suasana sosialisasi sex education kepada Paskibraka Kota Depok
Pertama adalah sosialisasi, ya sebagai Duta Mahasiswa sosialisasi program GenRe merupakan suatu kewajiban, khususnya mengenai TRIAD KRR yang berkaitan dengan seksualitas, kesehatan reproduksi, penyalahgunaan narkotika, pendewasaan usia perkawinan, dan masalah-masalah lain yang berkaitan dengan remaja. Sasarannya adalah usia remaja di SMP dan SMA Kota Depok. Salah satu yang telah kita datangi untuk sosialisasi tentang sex education adalah Paskibraka Kota Depok yang anggotanya terdiri dari anak-anak SMA se-Kota Depok. Para anak SMA ini sangat antusias dengan sosialisasi yang kami lakukan, kami gak cuma presentasi disini. Kami juga melakukan beberapa games dan diskusi untuk mencairkan suasana, terbukti topik tentang sex yang masih dianggap tabu bisa menjadi topik yang sangat menarik untuk diperbincangkan sebagai bahan pembelajaran.

Yang kedua yaitu mengelola PIK-R dan PIK-M. PIK adalah Pusat Informasi dan Konseling, R untuk remaja (SMP dan SMA) sedangkan M untuk mahasiswa. PIK ini merupakan program konseling dari remaja, oleh remaja, dan untuk remaja. Sekolah atau Kampus membentuk PIK yang dikelola oleh remaja, kemudian para remaja yang tergabung dalam PIK-R/M ini nantinya akan menjadi konselor sebaya bagi teman-temanya tentang permasalahan remaja dan program GenRe setelah sebelumnya diberi pelatihan khusus untuk menjadi konselor. Kebetulan saya ditunjuk sebagai ketua PIK Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, sementara untuuk PIK Remaja sudah tersebar di beberapa sekolah SMP dan SMA di Kota Depok.

Pelatihan PIK-R/M tingkat provinsi Jawa Barat di Puncak Bogor

Diskusi PIK-R/M Kota Depok
PIK Mahasiswa Kota Depok bersama Dosen Pembimbing






Selanjutnya adalah Pelatihan (Capacity Building). Pelatihan ini diadakan untuk melatih dan mendidik siswa dan mahasiswa dari PIK R/M yang nantinya akan bertindak sebagai konselor sebaya di tempat mereka masing-masing. Pelatihan ini diadakan dalam dua lingkup, yang pertama adalah lingkup Kota Depok yang diadakan di kantor walikota kota Depok dan dihadiri oleh perwakilan  dari siswa SMP, SMA, serta mahasiswa di kota Depok. Sedangkan yang kedua adalah lingkup Provinsi Jawa Barat, dalam pelatihan ini Depok mengirimkan perwakilannya dari PIK-R di SMA 1, 2, dan SMP 1 dan PIK-M dari FIB UI.

Pelatihan PIK-R Kota Depok di Kantor Walikota Depok
Agen-agen Genre Kota Depok :D
 
Nah itu dia beberapa kegiatan yang sudah kita lakukan. Masih banyak kegiatan seru lainnya yang akan kami lakukan ke depannya, so tunggu kejutan dari para agen GenRe kota Depok selanjutnya ya :).
Salam GenRe!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar