Selasa, 23 Desember 2014

Creative Campaign PUP di Hari Ibu

Hi :)
Saya kembali lagi dengan cerita saya sebagai Duta Mahasiswa GenRe Kota Depok hehe. Kali ini kita melakukan creative campaign dalam merayakan Hari Ibu tanggal 22 Desember kemarin lho. Kami? ya karena saya tidak hanya ditemani oleh Mpok Duta Mahasiswa saya, tetapi juga oleh 7 orang tim kami lainnya yang tergabung dalam PIK-Mahasiswa FIB UI.

Creative campaign tentang apa?
Jadi berawal dari keprihatinan kita akan data yang kami kumpulkan tentang perkawinan usia dini di Indonesia dan risiko yang ditimbulkannya, maka kita punya ide untuk melakukan sosialisasi PUP (Pendewasaan Usia Perkawinan) dan ajakan untuk jadi calon Ibu yang SMART (Siap, Mapan, Aman, Responsif, dan Tangguh).

Kenapa PUP? Apa hubungannya dengan hari Ibu? 
menurut data yang kami dapat bahwa usia perkawinan dini di Indonesia itu lebih sering terjadi terhadap perempuan, rasionya 7,5 berbanding 1 jika dirata-ratakan antara perempuan dan laki-laki. Selain itu lebih banyak risiko yang merugikan perempuan dengan usia kawin dini (selengkapnya bisa dilihat di infografis kami). Atas dasar itu lah kami berpendapat bahwa harus lebih banyak lagi perempuan calon-calon Ibu yang harus mengetahui informasi penting ini, agar mereka jadi calon Ibu yang SMART!


Targetnya siapa?
Karena kita peer counselor jadi target kita mahasiswa, nah karena ini hari Ibu dan sosialisasi kita untuk calon ibu, maka target kita adalah mahasiswi-mahasiswi UI yang nantinya akan jadi Ibu hehe.

Caranya bagaimana?
Basi gak sih kalo cuma sosialisasi, penyuluhan, seminar, dan sejenisnya? iya kalo banyak yang dateng, kalo gak? yang dateng pun belum tentu nyerap informasi itu dengan baik kan. Jadi kita anggap cara-cara kuno itu kurang efektif. Kita punya cara yang lebih ngena ke anak muda dan gak ngebosenin, yaitu:

1. Kita bikin infografis dengan judul "gimana caranya jadi calon ibu yang ideal?". Semua info udah lengkap kita kumpulin disitu dengan packaging design yang keren pastinya. Ini saya yang buat lho desainnya hehe.
Design Infografis
2. Kita publikasikan via social media dan aplikasi messanger, biar banyak yang tahu dab lihat juga.

3. Kita cetak jadi pembatas buku, kenapa? sayang dong info bermanfaat design bagus kalo cuma dibikin selebaran. yakin pasti langsung dibuang. Pembatas buku lebih bermanfaat menurut kita, semua mahasiswa pasti butuh buat baca buku. Jadi ya gak ada alasan untuk dibuang dong :).

Pembatas buku

4. Kita juga membagikan souvenir khusus untuk untuk 100 mahasiswi-mahasiswi pertama yang beruntung, yaitu dompet batik yang lucu ini sebagai tanda kenang-kenangan dari kita :)

souvenir dompet batik


5. masih ada lagi, kita juga bikin baloon texts dengan kata-kata lucu yang mendukung program PUP ini lho :)
baloon texts
6. Terakhir, kita gak lupa mengabadikan momen calon-calon Ibu SMART ini dengan baloon text lucu :)
Pasukan di Hari Ibu



Nah itu dia calon-calon Ibu SMART yang sudah mendukung dan peduli terhadap program PUP. Kami berharap dengan kegiatan yang kami lakukan di Hari Ibu ini dapat bermanfaat dan yang paling penting adalah dapat membuat mereka tersenyum :)

karena menurut kami "Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh generasi yang berkualitas, dan generasi berkualitas dilahirkan oleh seorang Ibu yang cerdas" (Azhari Fauzan & Rumaysha Milhania).

So, siapkah kamu jadi calon Ibu SMART?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar